|
Home
Nasional
LPPOM: Kode E472 Tidak Berarti Babi
Senin, 21 Maret 2011
Hidayatullah.com--Di situs jejaring sosial Facebook beredar kabar bahwa salah satu satu produk es krim Walls bermerek Magnum mengandung lemak babi dengan kode E472. Kode E472 ditemukan pada daftar komposisi di kemasan Magnum. Menjadi pertanyaan adalah pada kemasan Magnum itu tertera label halal Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).
Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim, ketika dikonfirmasi hidayatullah.com mengaku kaget dengan kabar itu. Ia membantah terkait adanya kandungan lemak babi di produk Magnum.
“Itu tidak benar. Magnum sudah mendapat sertifikat halal dari LPPOM. Produk mana pun yang sudah memperoleh label halal dari kami, dijamin terbebas dari barang haram dan najis,” ujar Lukmanul Hakim, Senin (21/3) siang.
Mengenai kode E 472, Lukmanul Hakim menjelaskan, bila kode itu berkaitan dengan emulsi (emulsifier). Emulsi adalah bahan yang ditambahkan ke dalam campuran pangan yang menggabungkan komponen air dan minyak.
“Pada kode E472 itu pengelmusi berupa nabati maupun hewani. Hewani bisa berupa babi dan juga non-babi. Pada Magnum ini kami teliti pengemulsi hewaninya bukan dari babi. Itu sebabnya kami beri label halal,” terangnya.
Dalam kabar di Facebook itu tertulis juga kode E lainnya yang diduga mengandung babi, seperti E100, E110, E120, E140, E141, dan lain sebagainya. Terkait dengan kode E lainnya itu, yang tersebar di berbagai produk pangan, Lukmanul Hakim tidak mengetahui persis detilnya. Yang ia tahu kode E di atas 470, pengelmusiannya itu mulai bersinggungan dengan hewani.
“Untuk itu, agar aman dan terhindar dari barang haram dan najis yang menggunakan kode-kode, saya menyarankan agar masyarakat membeli produk yang sudah mendapat label halal dari LPPOM MUI,” kata Lukmanul Hakim memberi saran.*
Rep: Ibnu Syafaat Red: Syaiful Irwan
|
|
|
| |
KOMENTAR |
| |
|
| |
Julie , Selasa, 22 Maret 2011
klo bkn dri babi terbuat dri hewani apa ya?? terus utk yg starbuck & coffebean itu terkndung lemak babi g? trims |
| | |
 |
| |
|
| |
Kirana , Selasa, 22 Maret 2011
Tolong diperjelas lagi tentang kandungan E472?! tersebut, kalau terbuat dari hewan, hewan apa? dan di artikel ini dikatakan Bapak Lukmanul tidak tahu persis tentang E100, E110, E120, E140, E141, dan lain sebagainya, bagaimana masyarakat khususnya muslim bisa lantas percaya saja dengan Logo LPPOM MUI, kalau ini masih subhat.mungkin yang baru booming pada es cream magnum bagaimana dengan produk yang lainnya? tolong berikan daftar lengkap tentang apa yang diberitakan... agar tidak terjadi kesimpang siuran informasi, karena beberapa saudara muslim kita di negara2 eropa diceritakan pernah mengecek kode2 tersebut apakah benar ataukah tidak, sekali lagi tolong diinformasikan secara lebih lengkap, agara apa yang masuk kedalam tubuh umat muslim semua ini, termasuk yang halal, bukan haram ataupun subhat. Syukron |
| | |
 |
| |
|
| |
Soejadmiko , Selasa, 22 Maret 2011
untuk itu lah badan LPPOM bertugas, karena untuk penyebaran info-info seperti ini banyak dilakukan oleh para pesaing bisnis, karena negara kita mayoritas muslim jadi isu-isu ini yang dihembuskan,namun kalau kita ragu lebih baik tidak usah membeli... |
| | |
 |
| |
|
| |
Ilie , Selasa, 22 Maret 2011
iya tolong donk jangan bikin bingung masyarakat, kami rakyat kecil yg perlu perlindungan dalam hal ini sebagai konsumen.............. |
| | |
 |
| |
|
| |
Utchie , Selasa, 22 Maret 2011
akan lebih baik dan bijak jika pihak-pihak berwenang berkenan untuk memberikan penjelasan terkait dengan isu yang beredar, agar tidak membuat resah para konsumen.. :) |
| | |
 |
| |
|
| |
Syaheed , Selasa, 22 Maret 2011
Hanya Allah (SWT) tahu, dan semoga kita dibimbing oleh-Nya. Lebih baik untuk menghindari produk ini, karena ada keraguan tentang mereka. |
| | |
 |
| |
|
| |
Inast , Selasa, 22 Maret 2011
Setuju dengan Soejadmiko.. Kalau ingin aman dan tenang ya setiap beli produk pangan check logo halal nya. InsyaAllah LPOM sudah bertugas dengan baik dan penuh amanah. Sudah ada prosedur untuk mendapatkan logo halal resmi dari MUI. Kalau nggak percaya logo MUI mau percaya siapa lagi???? jangan mudah percaya isu2 dong, jadilah muslim yang kritis dan pintar pilih pilah info yang benar |
| | |
 |
| |
|
| |
Amiego , Selasa, 22 Maret 2011
barang siapa yg curang dalam berdagang, haram dikatakan halal.... siap2 aja menjadi penghuni neraka. itu janji Allah!!!!! hati2 bagi yg berdagang dan yg terkait dg halal-haram!! |
| | |
 |
| |
|
| |
Syahrezzy , Selasa, 22 Maret 2011
gw ini penggemar magnum jadi jangan bicara babi2 kayak gitu jadi jangan buat isu yang membingungkan masyarakat................:D |
| | |
 |
| |
|
| |
Intan Cifa , Selasa, 22 Maret 2011
http://coretanryz.blogspot.com/2011/02/kode-babi-pada-makanan.html |
| | |
 |
| |
|
| |
Danny , Selasa, 22 Maret 2011
setelah membaca artikel d iatas, dan membaca komentar di bawahnya.. kok ada bbrp komen yg ditulis dgn tidak benar2 membaca artikelnya yah? ini saya kutip dr artikel diatas, “Pada kode E472 itu pengelmusi berupa nabati maupun hewani. Hewani bisa berupa babi dan juga non-babi. Pada Magnum ini kami teliti pengemulsi hewaninya BUKAN dari babi. Itu sebabnya kami beri label halal,” terangnya... jelas kan (?) |
| | |
 |
| |
|
| |
Anisa , Selasa, 22 Maret 2011
Kami hanya berharap bahwa informasi ini bisa dipertanggung jawabkan,,khususnya kepada pihak lembaga yg berwenang seperti LPPOM MUI. Agar masyarakat tidak bingung apakah produk yang kita konsumsi halal atau tidak. Mungkin ini juga bisa kita jadikan peringatan supaya masyarakat lebih teliti dan hati-hati dalam mengkonsumsi suatu produk... |
| | |
 |
| |
|
| |
Ilu , Selasa, 22 Maret 2011
Akan lebih baik klo kode yg beredar disebutkan artinya mengandung apa, jd tidak meresahkan orang awam yang akan mengkonsumsi produk tertentu yang mengandung kode yang beredar, thanks |
| | |
 |
| |
|
| |
Eko , Selasa, 22 Maret 2011
MUI adalah lembaga Muslim di Indonesia. Jika lembaga ini sudah menghalalkan suatu produk beredar di Indonesia, berarti memang produk tersebut boleh dikonsomsi oleh umat Muslim dan atau non Muslim lainnya.. terimakasih |
| | |
 |
| |
|
| |
Alya , Selasa, 22 Maret 2011
yah sebagai muslim yang baik lebih baik menghindari aja ga usah dmakan kalau ragu2.... kalo mo yakinin sekalian aja dicek di lab yang canggih jangan ecek2.. siapa tau memang mengandung lemak babi ato bukan toh... pengalaman dengan bbrp produk susu bayi yang ternyata berbahaya tp akhirnya diralat jg, jangan sampai pembohongan publik terulang lagi |
| | |
 |
| |
|
| |
Luqman , Selasa, 22 Maret 2011
jika memang bukan lemak babi tapi memakai lemak hewani yang disembelih tanpa menyebut nama Allah sama saja haram,,, apakah MUI berani menjamin???? |
| | |
 |
| |
|
| |
Tetra , Selasa, 22 Maret 2011
Kalo udah ada kode halal, berarti kita sudah terlepas dari keraguan. Masalah kode halalnya benar atau di bikin2, itu urusan mereka dengan ?????????... |
| | |
 |
| |
|
| |
Qhonita , Selasa, 22 Maret 2011
Assalamu'alaikum... Saudarai ku yg di Rahmati Allah.. Memang info ini sngat meresahkan kita smua, terutama bagi yg doyan dgn ice cream Magnum.. Kita cuma wajib waspada dgn smua ini. Jika kita udh brusaha, jd tinggal ALLAH SWT aj yg mnentukn ats smuanya.. Waallahu a\'lam bishshawwab. Wassalam.. |
| | |
 |
| |
|
| |
Prita , Selasa, 22 Maret 2011
Aww. Saya mencoba meneliti apa yang tertulis di kemasan Magnum. Rasanya sudah sangat jelas bahwa pengemulsi yang digunakan berasal dari nabati. Jadi sebenarnya jika kita tidak terburu-buru menyimpulkan, apalagi di jejaring sosial yang berpotensi menimbulkan keresahan jika informasi yang kita berikan tidak tepat, dan melakukan cek dan ricek, maka kejadian seperti tentunya dapat dihindarkan. Apalagi produk Magnum ini sudah mendapat sertifikat halal dari LPPOM, satu-satunya badan yang berhak mengeluarkan sertifikat halal. Www |
| | |
 |
| |
|
| |
Riza , Selasa, 22 Maret 2011
Untuk mengecek "E-code" http://www.guidedways.com/halalfoodguide.php |
| | |
 |
| |
|
| |
Arya , Rabu, 23 Maret 2011
teknik pemasran MAGNUM!!! ckckck ga banget deh sm magnum kalo teknik pemasaranny kaya gini... huh! |
| | |
 |
| |
|
| |
Zahrel , Rabu, 23 Maret 2011
Apakah lebel halal bisa jadi jaminan... Klo memang bisa, berarti semua resiko yg belum jelas bisa dipertangung jawabkan dihadapanNYA... |
| | |
 |
| |
|
| |
Ronald , Rabu, 23 Maret 2011
Kan sudah jelas penjelasannya: “Pada kode E472 itu pengelmusi berupa nabati maupun hewani. Hewani bisa berupa babi dan juga non-babi. Pada Magnum ini kami teliti pengemulsi hewaninya bukan dari babi. Itu sebabnya kami beri label halal,” terangnya." Untuk memeliti ada kandungan babi pada obat dan makanan itu ada tekhniknya. Dan MUI sudah melakukan itu. Makanya, jJangan terlalu mudah terprovokasi. |
| | |
 |
| |
|
| |
Ahmad , Rabu, 23 Maret 2011
Betul kalo mau bertanya harus cari tau dulu biar ga kena propokasi oleh orang lain mau makan ga mau ya jangan di makan gitu aja ko report. |
| | |
 |
| |
|
| |
Bambang Mariono , Rabu, 23 Maret 2011
kalau anda semua ragu-ragu jgn makan magnum toh magnum sudah punya market share sendiri. sebagai penggemar magnum saya tetap mengkonsumsi magnum hidup Magnum |
| | |
 |
| |
|
| |
Tia , Kamis, 24 Maret 2011
dibungkus magnum, terlulis pengemulsi (nabati) knapa keterangan diataas hewani ga nyangka mui geje.... |
| | |
 |
| |
|
| |
Basuki , Kamis, 24 Maret 2011
tolong siarkan apa-apa saja makanan yang berlabelkan halal tp nyatanya haram dlam kandungan makanan tersebut. jd masyarakat jgn disesatkan...MUI dan LPPOM harus bertanggung jawab dlm isu makanan yg mengandung lemak babi...sprti contoh ice cream MAGNUM dan fanta apple..tolong diperjelas... |
| | |
 |
| |
|
| |
Ra' , Kamis, 24 Maret 2011
hmmmmmm, beginilah kalo kita ga hidup dengan aturan islam. mau makan ajja ribetnya minta ampun.....hikhikhik |
| | |
 |
| |
|
| |
Ana , Kamis, 24 Maret 2011
kita sbg masyarakt harus benar2 teliti, waspada, hati2, terhdp berbagai macam produk krn d zaman sepilis (sekulerisme, pluralisme, kapitalisme), masyarakt emang dbikin repot produk haram bebas berkeliaran ini terjadi karena status perbuatan yg dilakukan manusia tdk lagi memperhitungkn halal n haram namun hanya mementingkn untung n rugi. |
| | |
 |
| |
|
| |
Kunsantori , Jum'at, 25 Maret 2011
Yah tidak ada salahnya waspada. dan kepada MUI yang juga manusia biasa, tentunya tak luput dari kesalahan. Dan Jika nantinya terdapat kesalahan hendaknya mengakui saja dan meminta maaf kepada seluruh umat Muslim di Indonesia. |
| | |
 |
| |
|
| |
Budhi , Jum'at, 25 Maret 2011
magnum, mahal. belum pernah makan. dan ndak kepengin...! bingung aja lihat ada ribut-ribut kek gini..:b |
| | |
 |
| |
|
| |
Ryan , Jum'at, 25 Maret 2011
mungkin di teliti lagi apa betul,magnum itu terdapat bahan yg sperti itu Kalo memang betul saya ga makan lagi tu makanan... |
| | |
 |
| |
|
| |
Yuliasmi Susanty , Jum'at, 25 Maret 2011
susah juga mencari tau kebenarannya.. |
| | |
 |
| |
|
| |
Rdeeansyah , Jum'at, 25 Maret 2011
loh kog rancu ya?? emang sih minyak yg digunakan itu bisa hewani ato nabati.. tapi menurut pihak walls, mereka menggunakan minyak nabati yang dijamin halalnya.. (coba cek google) sedangkan menurut MUI (sprti diatas) menggunakan minyak hewani tapi yg nonbabi... apa ini cuma alasan?? |
| | |
 |
| |
|
| |
Heriyanto , Sabtu, 26 Maret 2011
Saya setuju orang muslim harus kritis. Salah satu pikiran kritis adalah apa itu E472, kenapa dikodekan tdk ditulis Cow fat atau pig fat, mereka memang pintar ketika dulu rame isu lecitin, sekarang dirubah tulisannya menjadi soya lecitin. Tinggalkan yang subhat! |
| | |
 |
| |
|
| |
Hannamy Faridah , Sabtu, 26 Maret 2011
Jadi lemaknya iti berasal dari apa???????????? |
| | |
 |
| |
|
| |
Akbar , Ahad, 27 Maret 2011
tp skrnk ada minyak babi nya gak , soal nya saya sudah beli ? |
| | |
 |
| |
|
| |
J. Pras , Ahad, 27 Maret 2011
Coba baca ini http://www.iccservices.org.uk/halal_food_meat/halal_haram_ingredients.htm Jelas E472 ada di daftar yang HARAM. Jadi yang salah LPPOM MUI atau Islamic Cultural Centre di London? Semoga pihak MUI bisa segera memberi penjelasan yang tidak menimbulkan keraguan lagi. |
| | |
 |
| |
|
| |
Yuda Erlangga , Ahad, 27 Maret 2011
wah2 klo bgitu halal tpi bsa2 aj tiu lmak babi ==" bingung saya |
| | |
 |
| |
|
| |
Alfakir , Ahad, 27 Maret 2011
makasih buat infonya...... |
| | |
 |
| |
|
| |
Alex , Ahad, 27 Maret 2011
lah persaingan bisnis itu,., mencoba mnjelek2kan produk lain,.., persaingan tidak sehat itu namanya,.,. |
| | |
 |
| |
|
| |
Elman , Senin, 28 Maret 2011
Assalamualaikum, kalau meragukan lebih baik tinggalkan, kl yg dimaksud swine itu apa ya? bgmn dgn J.Co apa dah punya sertifikat halal? |
| | |
 |
| |
|
| |
Ipeph , Senin, 28 Maret 2011
Code Description E120 Cochineal. Fatty acids and egg yolks of dried female insect Dactilopius coccus & 10% of carminic acid. E140 Fatty acids and phosphates E141 Fatty acids E252 Waste animal and vegetable material E422 Fatty acids, by-products in the manufacturing of soaps E430 Fatty acids molecules E431 Fatty acids E470 Sodium, potassium and calcium of slats of fatty acids E471 Glycerine and fatty acids E472(a) Acetic acid esters of mono and di-glycerides of fatty acids E472(b) Lactic acid ester of mono and di-glycerides of fatty acids E472(c.) Citric acid ester of mono and di-glycerides of fatty acids E472(d) Tartaric acid ester of mono and di-glycerides of fatty acids E472(e) Mono-diaceryltartaric acid ester of mono and di-glycerides of fatty acids E473 Sucrose esters of fatty acids E474 Lard (pig fat), tallow (hard animals fat), palm-oil and etc E475 Polyglycerol esters of fatty acids E477 Proplylene glycol esters of fatty acids E478 Lactylated acid esters of glycerol and propene 1, 2 diol E481 Sodium Stearoyl-2 lactylate E482 Calcium Steasroyl-2 lactylate E483 Stearyl Tartarate E491 Sorbitan monostearate E492 Sorbitan tristearate (span 65) E494 Sorbitan mono oleate (span 80) The following without \\\'E\\\' prefixes are also Haram: 476 Polyglycerol esters of polycondensed acids of castor oil 542 Edible bone phosphates 570 Steearic acid 572 Magnesium stearate 631 Meat extracts, dried sardines and sodium 5-insosinate Others to note as Haram too: 120, 141, 160(A), 161, 252, 300, 301, 433, 435, 422, 430, 431, 471, 472(a.e), 436, 441, 470, 476, 477, 473, 474, 475, 491, 492, 481, 482, 483, 570, 572, 494, 542 coba cek pak dihttp://www.iccservices.org.uk/halal_food_meat/halal_haram_ingredients.htm |
| | |
 |
| |
|
| |
Andra , Senin, 28 Maret 2011
makan aj bro,wong LPPOM MUI aj udah bilang halal,kn mereka yg tanggung jawab,klo mmang mngandung lemak babi LPPOM MUI bakal NANGGUNG dosa sluruh muslim yg makan ice cream magnum dh.. Gampang kn.. :) |
| | |
 |
| |
|
| |
Wong Pinter , Senin, 28 Maret 2011
dari pada semua makanan meragukan, lebih baik makan yang alami aja balik lagi seperti dulu, makan telo, menyok, grontol, jagung dll itu lebih sehat |
| | |
 |
| |
|
| |
Muslimin , Senin, 28 Maret 2011
Umat muslim harus cerdas dong. Jangan gampang kemakan isu trus jadi menghujat produk orang tanpa cari tau. Ngga mungkin perusahaan yg target marketnya masyarakat indonesia yg mayoritas muslim bisa segoblog itu pake emulsifier babi. Lagian magnum lagi gencar2nya promosi sebagai brand premium. Kasian kalo gosip murahan yg sensitif yang ditiupkan saingan bisnisnya bisa merusak produk orang padahal belum tentu benar. Jatohnya gibah. Mencemarkan nama baik orang. Dosa juga. Ati2 kalo ngomong. Pikir dulu. Jangan langsung menyebar luaskan sesuatu yg belum tentu benar. Umat islam harus cerdas. Kalo emang takut dengan produk buatan perusahaan luar ya harusnya orang islam bikin dong perusahaan islam yang membuat makanan halal. Jangan cuma banyak mulut tanpa usaha. Malu. |
| | |
 |
| |
|
| |
Rissa , Selasa, 29 Maret 2011
kalo misalnya kita ragu kenapa kita gk ngecek di labolatorium terdekat untuk memastikan? lagian kn juga dah ada lebel halal.nya nggak mungkinlah MUI ngasih label palsu .. :) |
| | |
 |
| |
|
| |
Bara , Selasa, 29 Maret 2011
maaf...ini hanya sebagai promosi LPPOM MUI saja?? kenapa harus ada info seperti ini....untuk apa logo halal sudah di legalisasi..?? Saya yakin LPPOM negeri ini sudah menjalankan tugasnya dengan bak...kalau memang benar...mana bukti rincinya kalau Magnum mengandung Babi??? |
| | |
 |
| |
|
| |
Kinanty Andra , Selasa, 29 Maret 2011
aduuh...,tolong dong,lindungi hak konsumen untuk mndptkan makanan yang baik dan halal...,jgn sampai zat2 yg haram itu mengalir didlm darah....umat muslim.please....!! |
| | |
 |
| |
|
| |
Nanny , Selasa, 29 Maret 2011
assalamu'alaikum, mengenai info halal, dulu pernah saya usul kepada salah satu majalah muslim yang selalu membahas ttg halal n haram sebagai rubrik tetap nya, usul saya adalah meminta mereka mencantumkan nama merek dari produk2 yang halal tsb, tetapi hasilnya sedikit mengecewakan, karena mereka mengatakan itu melanggar kode etik, lantas hak2 kita sebagai konsumen di kemanakan? menurut saya, selain kita berpegang dengan logo halal MUI ini kita juga harus aktif mendesak lembaga terkait mengeluarkan info produk2 mana saja yang halal di konsumsi oleh umat muslim, mulai makanan hingga kosmetik mungkin juga busana krn ada info juga yang mengatakan kalau ada tas, sepatu dan lain2 yang berbahan dasar kulit menggunakan kulit babi..... kalau bukan kita lantas siapa lagi yang perduli???? wassalamu'alaikum...... |
| | |
 |
| |
|
| |
Rachma , Selasa, 29 Maret 2011
membingungkan..... urusan ni yg lebih tau adalah "ahlinya' tolong dong hasil uji lab nya disebar luaskan kalau g salah y ngapain menghindr tp kalu salah ya bersiap aja dgn konsekuensinya... |
| | |
 |
| |
|
| |
Rasa Ingin Tau , Rabu, 30 Maret 2011
saya meunyukai komen J.pras karena saya sudah membacanya td J. Pras , Ahad, 27 Maret 2011 Coba baca ini http://www.iccservices.org.uk/halal_food_meat/halal_haram_ingredients.htm Jelas E472 ada di daftar yang HARAM. Jadi yang salah LPPOM MUI atau Islamic Cultural Centre di London? Semoga pihak MUI bisa segera memberi penjelasan yang tidak menimbulkan keraguan lagi |
| | |
 |
| |
|
| |
Fadli , Rabu, 30 Maret 2011
Assalam. Lega sudah klo ud tau ket. lwt artikel d atas cz saya pengelola stock point. Kabar itu psti'y bikin konsumen g nyaman,alhasil jd krg laku deh. ;( |
| | |
 |
| |
|
| |
Dpr , Rabu, 30 Maret 2011
kita memang perlu waspada dan berfikiran jernih. Ada pertanyaan buat LPPOM MUI apakah kode2 tersebut sama dengan kode2 itu sama dengan yang ada di Islamic Cultural Centre di London. Dan lagi dibungkus magnum, terlulis pengemulsi (nabati) sedangkan LPPOM MUI bilang itu dari hewani tapi bukan binatang babi... Aneh ? |
| | |
 |
| |
|
| |
Adsasdafafasfas , Rabu, 30 Maret 2011
Jok Cungucu koen pak ! Onok Lemak Babine iku WOI @! |
| | |
 |
| |
|
| |
No Name , Rabu, 30 Maret 2011
lok gak percaya ma LPPOM MUI mnding gak usah di makan.. gitu aza kok repot.. lgian mereka udah d beri kepercayaan memberi sertifikat HALAL.. lok emang barang haram d halalkan mereka yg akan tanggung dosanya bukan kita yg gak tau apa2.. lok pada bacot ndiri2 mending loe jadi pengawas ndiri sana.. emang gampang apa ngawasin ribuan makanan ,obat dll.. Gitu Aza Repot.. |
| | |
 |
| |
|
| |
Bond , Rabu, 30 Maret 2011
woiii makanan aja diributin,klo emang ragu ga usah dibeli. |
| | |
 |
| |
|
| |
Nda , Rabu, 30 Maret 2011
pak tolong d'perjelas krn gara" kabar ini agama islam d'hina d'fb .. Asslmkm..berita besar..ASTAGHFIRULLAHAL'ADZIM.. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun.. ICE CREAM MAGNUM MENGANDUNG LEMAK BABI, TERDAPAT KODE E471 atau E472 yg tnyata ADALAH LEMAK BABI.. http://ikwanti.wordpress.com/2011/03/21/kode-babi-pada-makanan-kemasan-termasuk-dalam-es-krim-magnum/ Kasih makan BABI AJA TU ISLAM sok alim (Munafik)... asal kalian tau aja ya MUHAMMAD da perna rasa babi tapi gak mau ngaku,ttu kata Jasmine Slalu Hepi. coba d'perjls ini tidak bs aku terima sebagai agama aku ,klo nabi yg aku cintai terhina .. semua hrs d'perjls terima kasih |
| | |
 |
| |
|
| |
Rahid , Rabu, 30 Maret 2011
sebelum ada bukti2 yang kuat lebih baik kita berhusnudzon dari pada kita suudzon dan akhirnya kita menyampaikan berita yang belum pasti kebenarannya kepada orang lain |
| | |
 |
| |
|
| |
Adi , Rabu, 30 Maret 2011
Ragu dgn label halal dari MUI? Ya silakan cari makanan halal sendiri... kalo ga halal, jangan dimakan. Yakin dgn label halal MUI? Ya udah, yg berlabel halal dibeli aja... Gampang toh...... Soalnya, saya bukan ahli makanan, jadi kalau disuruh cek halal/haram, bakalan lebih jago orang LPPOM MUI... Ntar kalo saya bikin pendapat yg salah, malah saya menyesatkan orang lain.... |
| | |
 |
| |
|
| |
Masyarakat , Rabu, 30 Maret 2011
ass kalo boleh saran ...... ini bukan masalah halal ga nya tapi ini menyangkut kesehatannjuga karna dalam babi entah apapun itu mengandung acing yang tak bisa mati walau dagingnya atau pun lmaknya di bakar dengan suhu 100DC pun setau saya dan ini termasuk pencemaran nama baik jadi kalo bisa di tuntaskan masalah ini agar tidak ter ulang pada makanan2 yang lain. kalo mang halal cari penyebar isunya agar di pertanggug jawabkan? trimakasih sblumnya |
| | |
 |
| |
|
| |
Singgih , Kamis, 31 Maret 2011
@Luqman : Yaaa... sama aja artinya dengan begini : misal ada komposisi yang tertera pada suatu produk makanan sama sekali tidak menyinggung ke arah hewani, katakanlah produk susu kedelai. naahhh.. lolos MUI kan... tapi kan yg lolos cm sample yg dibawa ke LAB MUI,... kalo faktanya di pabrik produksinya si produsen pake nabur2 'sesuatu' misal beberapa tetes darah dikit2... apa bedanya?? Jadi haram kan??? kalo dah urusannya sampe segitu, hanya Allah SWT yg berhak menghakimi... yg jelas pihak2 sudah berperan sebagaimana mestinya.... |
| | |
 |
| |
|
| |
Hamba Allah , Kamis, 31 Maret 2011
kembalilah ke alam.... masih banyak makanan halal... |
| | |
 |
| |
|
| |
Azis Sadhega , Kamis, 31 Maret 2011
*** lu gga usah bawa2 nabi w . . . |
| | |
 |
| |
|
| |
Abdurrahman , Kamis, 31 Maret 2011
terlepas dari teknik pemasaran ato bukan, kalo melihat di website nya MUI singapore bahwa kode2 itu syubhat. nah jelasnya bisa klik di TKP http://www.muis.gov.sg/cms/uploadedFiles/CorporateGOV/Halal/Food%20Additives.pdf dan yg pasti WHEN IT DOUBT, LEAVE IT OUT |
| | |
 |
| |
|
| |
Ulie , Kamis, 31 Maret 2011
maaf mui, jk sy kurang percaya 100% pada anda... bbrp thn lalu ada penyedaprasa merk *j****ot* yg ternyata dalam proses pembuatannya menggunakan bakteri yg diberi makan lemak babi. tapi sampai sekarang ga ada hukuman buat produsennya, malah masih beredar dg logo halal mui, dg alasan udah ga pake bakteri itu lg dlm prosesnya... mana punishment nya? katanya untuk lindungin umat? jadi sekarang sy pilih hati2 aja dan ga mau percaya 100% logo mui... |
| | |
 |
| |
|
| |
Ronan , Kamis, 31 Maret 2011
waktu saya baca di www.food-info.net ada penjelasannya bahwa bisa terbuat dari tumbuh2an atau hewani, unuk hewani bisa saja menandung babi, namun lebih baik tanay kepada produsennya atau ke laboratorium... |
| | |
 |
| |
|
| |
Desur Jump Pung , Kamis, 31 Maret 2011
Perlu adanya komfrmasi scara menyeluruh dari LPPOM MUI. Kepada masyarkat agar menjadi jelas halal haram'a. Bisa saja yg waktu diteliti tidak mengandung. Tetapi yg beredar dipasarn mengandung. Sebaiknya sampel yg diteliti adlah brng yg beredar di pasar. Bukan dari Produsen langsung. Trimakasih |
| | |
 |
| |
|
| |
Mila , Kamis, 31 Maret 2011
apakah es krim itu halal?? |
| | |
 |
| |
|
| |
Dedy Martadinata , Kamis, 31 Maret 2011
kalau tidak percaya logo halal, ya cek sendiri ke Lab... Kalau merasa pakai minyak babi, ya tidak usah makan... Klo perasa pakai babi, ganti pkai perasa yang lain... kenapa harus masalah sih? |
| | |
 |
| |
|
| |
Abu Luthfi , Kamis, 31 Maret 2011
FAKTA : Produk haram sudah mengepung ummat Islam. Dari obat-obatan, makan-minuman dan kosmetik. Saran saya sebaiknya didirikan lembaga semacam YLKI, dengan nama Lembaga Konsumen Muslim Indonesia sebagai pendamping LPPOM MUI. |
| | |
 |
| |
|
| |
Iwan Jinkering , Kamis, 31 Maret 2011
Terimakash atas iformasinya. Intinya kalau kita raguu tidak usah memakannya. |
| | |
 |
| |
|
| |
Evialfadhl , Jum'at, 01 April 2011
untuk menjaga tubuh kita dari dimasuki barang-barang yang syubhat bahkan harom, maka sebaiknya kembalilah ke makanan yang alami. tidak mengandung kimia-kimia yang membahayakan bagi tubuh. memang sulit sekarang untuk mendapatkan makanan yang halalan thoyyiban, tapi jika kita ikhtiar dan mencari sungguh-sungguh niscaya Allah akan memberikan kemudahan. Back to sunnah back to nature. |
| | |
 |
| |
|
| |
Areef , Jum'at, 01 April 2011
Askum. Jdi yg bnar yg mNa? Soalny sya dh pRnah makan es krim magnum, |
| | |
 |
| |
|
| |
Jojo Rinaldy , Sabtu, 02 April 2011
assalamu alaikum saya sebagai bekas karyawan pembuat es tersebut tdk akan membela atau menuduh tapi hanya menceritakan sedikit tentang profil perusahaan tersebut,selama saya bekerja perusahaan tersebut sangat2 mengedepankan kepentingan konsumen dan es cream walls adalah leader market di pasarnya kl memakai logika krn mereka adalah orang2 yang profesional apakah mungkin seceroboh itu dan mereka pun mayoritas islam motifnya apa?sekali lagi sy tdk punya tujuan untuk membela siapa saja cuman menginginkan umat islam jgn terpengaruh dgn isu2 yg belum tentu benar kl pun benar yg menemukan pertama kali yg punya anggapan bahwa magnum mengandung babi pasti berani menampilkan dirinya jangan cuman berteriak sembunyi tangan krn isu babi memang paling cocok untuk menggangu islam kita |
| | |
 |
| |
|
| |
Indah Ayay , Sabtu, 02 April 2011
intinya hanya Allah yg tahu semua ini kalo pun benar atw tidak es krim tersebut memakai minyak babi ataw tidak,serahkan saja kpada Allah...klo pun dy ngebohongin kalo es tersebut tidak pakai minyak babi,toh dia dosa sudah membohongi umat islam...klo pun tidak pakai minyak babi....tp di isukan pakai minyak babi,mungkin tu persaingan dagang....LILLAHITA"ALA Ja deh..... |
| | |
 |
| |
|
| |
No Name , Sabtu, 02 April 2011
Inna halala bayyin, wa inna harama bayyin, wa maa baynahuma mutasyaabihaat.. |
| | |
 |
| |
|
| |
Mantos Photography , Ahad, 03 April 2011
kepada masyarakat seluruh indonesia kalo ada isu_isu yang ga jelas sebaiknya jangan langsung percaya, cari tahu kebenaranya kepada lembaga yang terkait dan berwenang jngan sampe kita jadi alat yang di adu domba oleh oknum yang menguntugkan dirinya sendiri untuk persaingan bisnis dan menggoyahkan umat islam. |
| | |
 |
| |
|
| |
Albert Hardy , Ahad, 03 April 2011
selama blum ada kejelasan produknya lebih baik di tinggalkan/ga usah di konsumsi. motif ekonomi bisa membuat org menghalalkan segala cara, org Islam cuma KTP doang gampang di bodohi. dalam Islam tidak ada dosa ygf bisa di limpahken ke org lain. orang berdosa karena perbuatan salahnya, kita ikut berdosa karena kebodohan kita |
| | |
 |
| |
|
| |
Abdullah , Senin, 04 April 2011
tidak pada tempatnya, kita meributkan Magnum... Magnum Produk Walls, salah satu Perusahaan pendukung gerakan zionisme di palestina. Tinggalkan aja, setiap rupiah yang anda keluarkan untuk membeli produk Walls, maka anda turut menumpahkan darah Muslim Palestina. |
| | |
 |
| |
|
| |
Dimas , Senin, 04 April 2011
aku termasuk penggemar es cream, bis enak seh palagi magnum,hemm...bener kl kita tidak percaya pemimpin (MUI,BPOM)dalam hal ini,terus percaya ma siapa?,masak tiap kita makan yg bukan masakan sendiri (kemasan) selalu curiga padahal dah terdapat sertifikasi halal, pa perlu sebelum kita makan kita cek satu satu terlebih dahulu,.kelamaan keburu laper,.serahkan ja pada yang bertugas di negara kita. Insya# Amanah |
| | |
 |
| |
|
| |
Taufik.krywn Walls Factory Cik , Rabu, 06 April 2011
saudara2 smua,kl mau prcaya ma yg bwt,magnum tu bnr2 halal,mengenai kode tu kode tuk pengemulsi dr nabati,kl kurg prcaya silahkn dtg ke walls factory cikarang,atau hubungi nama2 dbwh ni: Mia ( maria-dewantini.dwianto@unilever.com 081586407742 ) Rachmat ( racmat.hidayat@unilever.com 081586407899 ) Vera ( elvera-nuriawati.makki@unilever.com 081586407812 ) Rio (aurellio-yustinus.kaunang@unilever.com 081586408051 ) Trimakasih tas perhatiannya Hidup magnum |
| | |
 |
| |
|
| |
Ihsandier , Rabu, 06 April 2011
ass,.. waspada prlu,ttpi kta hrus pandai dalam memilih dan mnentukan sgla ssuatu,.. |
| | |
 |
| |
|
| |
Txno , Rabu, 06 April 2011
Za udh mkan es cendol aja dijmin halal dan mrah non kolesterol lgi |
| | |
 |
| |
|
| |
Bagus , Rabu, 06 April 2011
bosss kalau ngasih info yg jelas tampilin di berita donk biar masyarakat tau smua agar tidak merugikan pihak unilever terutama es krim walls sekian dan terima kasih. |
| | |
 |
| |
|
| |
Tri , Ahad, 10 April 2011
y lok haram gx ush di mkn to mas n mbk...gx ush repot2 ini itu |
| | |
 |
| |
|
| |
Wida , Ahad, 10 April 2011
kalo kita ya tidak usah di makan toh makanan di dunia bukan cuma magnum tapi untuk sekedar info aja bahwa makanan segar lebih baik dari pada makanan kemasan n instan so back to nature aj deh |
| | |
 |
| |
|
| |
Adi Prasetyo , Senin, 11 April 2011
kalau gak suka ya...jangan dimakan, kalau suka ya...makan saja! GITU SAJA KOQ REPOT....! |
| | |
 |
| |
|
| |
Nawi , Kamis, 14 April 2011
apakah ada cara identifikasi lemak khusus untuk lemak babi... pada makanan..? |
| | |
 |
| |
|
| |
Tiki Zahfi , Sabtu, 16 April 2011
untuk membuktikkannya mengapa tidak dilakukan tes untuk membuktikan adanya E472 atau kode-kode lainnya. |
| | |
 |
| |
|
| |
Rian Andiyani , Kamis, 28 April 2011
magnum enggak haram kok.....MUI melalui Lembaga Pengajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika telah menguji produk es krim magnum ini. Hasilnya kandungan lemak di produk ini bukan berasal dari babi, melainkan dari tumbuhan. |
| | |
 |
| |
|
| |
Izoel , Ahad, 15 Mei 2011
saya sangat tidak percaya,saya ingin bukti yang nyata,karne ini masalah yang kompleks dan sangat fital bagi umat islam terutama saya sendiri. |
| | |
 |
| |
|
| |
Yanto , Kamis, 19 Mei 2011
Setiap produk yg sudah BERLOGO HALAL resmi dari MUI adalah SAH. karena sudah melalui proses auditing yang cukup njlimet. hasil audit dipresentasikan didepan sidang komisi FATWA MUI. Jadi tidak ada alasan untuk menolak logo halal MUI, karena proses sertifikasi MUI bukan hanya diakui, tapi jadi rujukan badan sertifikasi halal di berbagai negara. Mengenai kode E, sebetulnya sudah lama di uraikan oleh Bpk. Ir Anton Apriyantono sebagai Auditor LPPOM Pusat. Atau silakan buka di situs www.halalmuibali.or.id halaman Download, khususnya ttg Bahan Makanan Tambahan (Kode E). Disana dirinci bahan dan statusnya. |
| | |
 |
| |
|
| |
Dodot , Jum'at, 20 Mei 2011
Danny "setelah membaca artikel d iatas, dan membaca komentar di bawahnya.. kok ada bbrp komen yg ditulis dgn tidak benar2 membaca artikelnya yah? ini saya kutip dr artikel diatas, “Pada kode E472 itu pengelmusi berupa nabati maupun hewani. Hewani bisa berupa babi dan juga non-babi. Pada Magnum ini kami teliti pengemulsi hewaninya BUKAN dari babi. Itu sebabnya kami beri label halal,” terangnya... jelas kan (?)" yah emang BUKAN dari babi, lha kalo kelanjutannya bukan dari babi TAPI DARI ANJING/BUAYA/BADAK,dll yg bertaring gimna? yg dimaslahkan kan halal/haramnya, padahal dalam islam hewan brtaring tu HARAM. harusnya dikasih tw donk kalo bukan babi terus apaaaaaaaaaaaa??? biar jelas, gamblang dan ngga SUBHAT. |
| | |
 |
| |
|
| |
Hello , Senin, 30 Mei 2011
tolong buktiin dong kemasyarakat bahwa itu bukan lemak babi..selama ini indonesia buat stempel halal. tapi tidak ada bukti bahwa itu bener2 halal..payah hidup diindonesia...gada mutu-nyee |
| | |
 |
| |
|
| |
Hafizh-farmasi Unand , Selasa, 07 Juni 2011
dalam suatu hadits dikatakan yang kurang lebih intinya, jika mendapatkan kabar maka telitilah lebih dahulu kebenarannya,... kekhawatiran umat muslim dengan masalah ini adalah hal yang sangat wajar karena kita tidak mau sesuatu yang haram mendarah daging pada tubuh kita,....pihak yang terlibat adalah pabrik/unilever, pemerintah(BPOM/LPPOM MUI), konsumen(ada undang2 perlindungan konsumen) terlepas dari hanya sekedar pernyataan yang telah saya simak pada tulisan di atas, saya rasa perlu tindakan yang meyakinkan produk tersebut halal atau haram (terlepas keraguan terhadap LPPOM yg menjadi ahlinya tapi yang kita pikirkan adalah syariahnya). hal ini tidak boleh hanya sekedar melalui pernyataan saja tapi harus disertai dengan lampiran bukti secara ilmiah/audit/labor. LPPOM harus memperkuat pernyataan halalnya dengan bukti audit yang telah dilakukannya, metode apa yg digunakan, bagaimana hasilnya....sekali lagi bukti ILMIAH yang menunjukkan ada atau tidaknya kandungan babi pada produk tersebut untuk menuntaskan masalah ini agar tidak jadi polemik yang nanti ujungnya dikhawatirkan terbawa komentar-komentar antar agama.....karena saya melihat sampai 30 mei masih ada komentar masalah ini. LPPOM tolong dilampirkan bukti penguat pernyataannya terlepas dari kode E secara teori... *akan saya jadikan bahan penelitian studi saya untuk mendeteksi gen babi pada produk dengan metoda PCR....semoga bisa bermanfaat sedikitnya untuk konsumen. |
| | |
 |
| |
|
| |
Gamat Emas Gold-g , Selasa, 14 Juni 2011
ada minyak bbinya juga ngak itu :o |
| | |
 |
| |
|
| |
Agung , Ahad, 26 Juni 2011
di atas bilang HEWANI bukan babi, disono bilang dari TUMBUHAN (nabati)... di atas: "kami teliti pengemulsi HEWANI nya bukan dari babi" baca disini: http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/04/02/mui-tidak-benar-es-krim-magnum-mengandung-enzim-babi/ "enzim yang terdapat dalam lemak es krim tersebut berasal dari TUMBUHAN" berarti masih belum pada kompak nih.. |
| | |
 |
| |
|
| |
Tutriati , Ahad, 17 Juli 2011
sebagai muslim, tergantung anda, jika mau menyaring makanan yang kita makan,bila kita ragu tinggalkan,masih byk makanan halal bertebaran, sebagai contoh saya yang tinggal disingapura walaupun kedai ada label halal, kalo yang punya non muslim dengan embel embel org pake jilbab penjualnya, saya tetap tak mau beli...............siapa yang meramu makanan itu pada malam hari? dan label halal didapat pada saat bahan baku diantar ke MUIS, apa tiap hari harus ngantar bahan baku itu, ngg kan, yang jelas hanya org muslim yang tahu kategori halal haram, setauku apabila makanan da ditamb minyak babi, enaknya bertambah, siapa yang tak mau, sedangkan muslim sendri masih banyak curang pasal bisnis apalagi non muslim |
| | |
 |
| |
|
| |
Ine , Senin, 22 Agustus 2011
dari informasi yang saya dapatkan bahwa kode E Seperti E100, E110, E120, E 140, E141, E153, E210, E213, E214, E216, E234, E252,E270, E280, E325, E326, E327, E334, E335, E336, E337, E422, E430, E431, E432, E433, E434, E435, E436, E440,E470, E471, E472, E473, E474, E475,E476, E477, E478, E481, E482, E483,E491, E492, E493, E494, E495, E542,E570, E572, E631, E635, E904.mengandung minyak babi ifo ini saya dapatkan dari M. Anjad Khan, Medical Research Institute United States,dan Rudi Sudardjat Institute of Natural and Regional Resources (INRR) Environmental Management Division |
| | |
 |
| |
|
| |
Zaenuri , Ahad, 25 September 2011
saya minta tolong penjelasannya satu persatu mengenai kode dari E210,E472 dst, supaya saya tahu apakah kede tersebut mengandung lemak baby atau bukan. mohon penjelasannya. trims |
| | |
 |
| |
|
| |
Rafi , Ahad, 25 September 2011
Omong kosong, masa es yang sudah di beri label halal oleh "LPPOM MUI" dinyatakan haram |
| | |
 |
| |
|
| |
Rwx , Selasa, 11 Oktober 2011
Kita Jual aja Indonesia, biar kita bebas mau jadi warga negara mana ? Setuju !!!!!! |
| | |
 |
| |
|
| |
Maryam , Selasa, 01 November 2011
yang beriman, yang berilmu, dan yang mau berfikir. pasti tau jawabannya... JANGAN GADAIKAN AGAMAMU UNTUK MEREKA |
| | |
 |
| |
|
| |
Dian , Rabu, 16 November 2011
kemarin ana sempet catet komposisi kode E pada es krim mgnum, yaitu E471, E407, E710, E412. saya search diinternet (di web hidayatullah.com, kode E471 itu syubhat. tp saya ga dapeti keterangan ttg kode E407, E410 dan E412. mohon penjelasannya dr LPPOM MUI sbg pencetak label halal. trimakasih |
| | |
 |
| |
|
| |
Iqbal Ibrahim , Rabu, 14 Desember 2011
untuk maslah kandungan lemak babi ataupun bukan, sebaiknya mui cepat memberikan pengetahuan lewat media elektronik, dan mencantumkan makanan yang sudah pasti halal,,,karena pada saat ini banyak jenis label halal tiruan yang akan mempersulit masyarakat, untuk menetukan makanan maupun obat-obatan yang halal.... |
| | |
 |
| |
|
| |
Lia , Jum'at, 16 Desember 2011
kalau BPOM dn MUI sdh memberi label halal dn menjamin bhwa produk2 yg brlabel halal adalah makanan yg bebas mengandung bahan2 yg halal dan najis..kita boleh percya atw tidak..tp intinya..jika sudah diberi label halal ttpi haram dn tdk mau mengakuinya dmi keuntungan pribadi,,maka itu urusan pemberi label halal dgn sang khalik.. Olehkarnanya sblm makan hendaknya baca doa agar makanan yg qta makan dihalalkan dan badan qta disehatkan..umur qta dipanjangkan..simple |
| | |
 |
| |
|
| |
Rara , Ahad, 25 Desember 2011
mungkin ini hanya persaingan bisnis. karenanya masyarakat dibuat resah.. jika sudah jelas BPOM dan MUI telah menjamin akan adanya label halal dalam kemasan Magnum, kenapa harus ragu? ada benarnya juga dengan komentar sebelum saya, yaitu baca doa agar makanan yang kita makan dihalalkan...jangan di ambil pusing lagi.. |
| | |
 |
| |
|
| |
Cicam , Senin, 16 Januari 2012
bingung tambahan. |
| | |
 |
| |
|
| |
Muhibuddin , Kamis, 19 Januari 2012
E-numbers merupakan kode untuk bahan tambahan pangan yang telah dikaji oleh EFSA (European Food Safety Authority), Badan POM-nya Uni Eropa. Huruf E yang dijadikan awalan pada setiap kode nomor merupakan inisial dari “Europe”. Penjelasan lengkap mengenai E-numbers dapat di baca di link ini : http://munlaitism.wordpress.com/2011/03/26/e-numbers-tidak-berarti-mengandung-babi/ |
| | |
 |
| |
|
| |
Hari , Jum'at, 27 Januari 2012
Cara paling aman yang makan makanan produksi sendiri, jangan makan makanan dari negeri orang, cuma memperkaya negeri asing aja. apalagi kadang meragukan halal haramnya. Ayo BELI INDONESIA, BELI PRODUK INDONESIA, jadilah anak bangsa yang setia pada negeri sendiri. Setuju? |
| | |
 |
| |
|
| |
Fpw , Ahad, 29 Januari 2012
E kode bukan kode rahasia bisa diakses kan. Kalau memang kode e sekian sekian tersebut pasti mengandung babi kanapa produsen kalau berniat utk memperdayai atau menipu umat islam kode itu dicantumkan diproduknya lebih baik nggak usah dicantumkan. Kalau buat menghasilkan emulsi sekian sekian bisa dengan berbagai bahan baik babi, sapi, atau nabati mui sdh memeriksanya dan memberinya label halal berarti bukan dr babi atau bahan haram lainnya. Ttp keliatannya banyak juga yg meragukan MUI ah tapi memang dari dulu juga uadh ada sebagian dr umat yang kurang sreg dengan MUI nggak hanya masalah sertfikasi halal. Tapi lucu juga setiap hari kita beli daging di pasar atau makan kaya di warteg atau tempat makan lain gak pernah mikir daging kita itu halal apakah dipotong sesuai syariah atau nggak padahal produknya semua nggak ada label halal terus snack jajanan hasil ukm sebagian besar tdk bersertifikaasi halal...... Tp kalau sudah menyangkut produk dgn brand terkenal apalagi produk asing isunya Menyebar cepat padahal sumber infonya gak jelas lucu aja .......dari si A yang katanya ahli anu disebar lewat facebook dan blog yg infonya sulit diverifikasi..... |
| | |
 |
| |
|
| |
Mas Bejo , Jum'at, 03 Februari 2012
Mana nich orang MUI? Ga bisa pake komputer or laptop n internet ya? Pantes aja ga th mana babi ato bukan. Salah satu kebiasaan orang Indonesia khususnya MUI adalah ga mau transparan dan mau membuktikan secara ilmiah tentang produk babi ato bukan. Buktikan.... Kalo salah ya bilang salah jangan egois berbohong menutupi kesalahan. Gentle dong |
| | |
 |
| |
|
| |
Zul , Sabtu, 11 Februari 2012
aslkm..... yg jls aj bos, klo bukan dri hewan babi lalu hewan apa ?.........mg Kta dibri petunjuk yg jelas olh Allah....amiiin . |
| | |
 |
| |
|
| |
Haryo Hastoko , Ahad, 12 Februari 2012
KALAU ragu-ragu, tinggalkan - gitu aja kok repot? Alhamduillah, rasanya sudah 20 tahun terakahir ane nggak makan es krim apa pun juga! |
| | |
 |
| |
|
| |
Erwan , Selasa, 14 Februari 2012
enakan makan telo, ganyong, lembong, uwi, gathot, thiwul, growol dan makanan ndeso lainnya... |
| | |
 |
| |
|
| |
Irsyad , Selasa, 14 Februari 2012
kalau produk susu aman gak yaaaa???? |
| | |
 |
| |
|
| |
Radix , Sabtu, 18 Februari 2012
silakan di cek disini... http://www.halalmui.org/images/stories/pdf/daftarproduk/halalJanuari2012.pdf |
| | |
 |
| |
|
| |
Sedeng , Ahad, 19 Februari 2012
tolong perjelas oleh org2 pintar karena masyarakat banyak yg bodoh. satu hal yg siapa org makan makanan yg mengadung haram akan tertutup do'anya. |
| | |
 |
| |
|
| |
Kang Yanto Bageur , Senin, 19 Maret 2012
wis lah aja angel-angel wong desa ya wong desa, aja mangan es krim maning. mending mangan es tong tong lebih HALAL. |
| | |
 |
| |
|
| |
Juba , Ahad, 08 Juli 2012
awasss jangan2 MUI dah di suap ama yang buat magnum supaya ngasi lebel halal padahal udah jelas tu komposisinya terkandung zat babi.. lihatlah link berikut untuk lebih jelas.. http://www.iccservices.org.uk/halal_food_meat/halal_haram_ingredients.htm jangan makan barang yang haram karena bisa berakibat amal ibadah tertolak... MUI jangan dijadikan patokan halal haram dia hanya ngomong aja.. |
| | |
 |
| |
|
| |
Awaluddin , Sabtu, 14 Juli 2012
MUI harus memperjelas dari hewan apa dan apakah proses penyembelihannya sesuai dengan syariat ISLAM,jangan main2 dalam hal ini..... |
| | |
 |
| |
|
| |
Janafi , Senin, 30 Juli 2012
INGAT!! BABI ITU TIDAK BERBAHAYA BAGI KESEHATAN selama TIDAK MEMAKANNYA |
| | |
 |
|
|
| |
KIRIM KOMENTAR ANDA : |
|
|
| |
| Disclaimer : Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi Hidayatullah.com. Redaksi berhak menghapus/menutup komentar yang berbau pelecehan, kasar, intimidasi, bertendensi SARA. |
|
|