TULISAN ini dimaksudkan untuk mengamalkan Hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari No. 1367 dan Imam Muslim No. 949 tentang menyebut kebaikan orang yang telah meninggal. Secara biologis, kami tidak terhubung dengan Syeikh Dr. Muhammad Mu’inudinillah Bashri MA rahimahullah (selanjutnya kami singkat dengan nama Syeikh Mu’in). Namun secara ideologis, terkoneksi.
Risalah S1 dan S2 selama kami menimba ilmu di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), beliau tercatat sebagai pembimbing dan pengujinya. Sekitar 8 tahun menjadi staf pengajar di pondok yang beliau rintis dan gawangi. Karena pulang ke kampung untuk merawat orang tua, kami tidak lagi menjadi staf pengajar. Namun tetap diminta mengirim tulisan untuk diterbitkan oleh Nidaul Qur’an, sebuah majalah milik PPTQ Ibnu Abbas Klaten.
Tulisan singkat ini ditulis tentang beliau sesuai apa yang kami ketahui. Jika benar, kami berharap bisa menambah kesaksian atas kebaikan beliau. Jika dikira tidak sesuai fakta, biarkanlah kami menjadi bagian dari bangunan batu-bata do’a yang kami harapkan kebaikannya kembali kepada beliau rahimahullah.
Syeikh Mu’in lahir di Surakarta pada tanggal 15 Juni 1966. Pendidikan beliau dari SD hingga SLTA di Surakarta. Lulus sekolah PGA Negeri Solo. Tahun 1996 Syeikh Mu’in lulus dari LIPIA Jakarta. S2 beliau rampungkan di Univ. Muhammad bin Su’ud di Riyadh pada tahun 2002 dan S3 di universitas yang sama beliau rampungkan sekitar pada tahun 2004.
Sebagai sebuah perbandingan, kami tidak pernah bertemu dengan KH. Rahmat Abdullah. Tetapi setiap kali melihat tayangan kewafatan beliau di dalam film Sang Murobbi, kami tidak pernah kuasa menahan lelehan air mata. Yang kami sedihkan adalah tentang bagaimana dengan apa-apa yang beliau tinggalkan? Bukan tentang nasib dunia mereka, bukan. Sama sekali bukan. Tetapi tentang nasib akhiratnya; siapa yang akan mendidik dan mengarahkan umat yang tadinya menjadi asuhan panjang dan kendali KH. Rahmat Abdullah.
Saat ini, rasa itu pulalah yang menghampiri. Karenanya, untuk istri Syeikh Mu’in rahimahullah kami berharap dan berdo’a; mudah-mudahan istri beliau bisa meniru ibunda Imam Syafi’i. Ayahanda Imam Syafi’i wafat setelah memahamkan visi dan misi hidupnya kepada ibunda Imam Syafi’i. Sehingga lahirlah Asy-Syafi’i sebagai imam yang legendaris itu. Untuk putra dan putri Syeikh Mu’in rahimahullah yang ditinggal kami juga berharap dan berdo’a; mudah-mudahan mereka semua bisa meniru anak-anak dari Khalifah Umar bin Abdul Aziz rahimahullah. Anak-anak yang tidak pernah dikhawatirkan untuk ditinggal mati oleh ayahnya. Sebab mereka telah dibekali dengan pendidikan taqwa oleh ayahnya. Taqwa yang merupakan sebaik-baik bekal bagi seseorang.
Ibadah dan kepribadian
Salah satu syarat diterimanya ibadah di dalam Islam adalah ikhlas. Keikhlasan beliau yang tampak bagi kami adalah beliau sering menolak pemberian. Baik pemberian tersebut karena memang menjadi hak beliau dan atau pemberian tersebut karena beliau menjadi pemateri dalam kajian-kajian. Tetapi kemudian, apa yang Allah berikan kepada beliau melebihi apa yang manusia berikan untuk beliau.
Bahkan, kami tidak memahami apa yang menjadi alasan utama beliau menolak dicantumkan sebagai dewan pendiri di sebuah lembaga yang beliau dirikan di atas tanah beliau sendiri, beliau rintis, mengurus pendirian masjid besar di atasnya sampai harus izin pulang ke Indonesia pada pihak universitas saat beliau menimba ilmu di Riyadh dan tidak jarang pihak yayasan terkadang meminta bantuan kepada beliau untuk memanfaatkan link yang beliau miliki terkait dana pembangunan di lembaga yang beliau termasuk dewan pendirinya. Hanya satu kata yang kami fahami; ikhlas.
Kalau berbicara tentang ibadah shalat, sejauh yang kami ketahui; belum pernah kami melihat dan mengetahui beliau masbuk sejak kami mengenal beliau mulai tahun 2005 hingga beliau wafat. Tentang shalat tahajud, beberapa kali kami rapat bersama beliau hingga larut malam; sempat juga beliau bangun malam walau tidur terlambat. Tentang shalat juga, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah menegaskan bahwa seutama-utama shalat adalah yang paling panjang berdirinya. Beliau terkadang lama berdiri di dalam shalatnya hingga beberapa makmum roboh dan bahkan ada santriwati yang sampai masuk rumah sakit.
Syeikh Mu’in adalah pribadi yang beretos kerja keras. Ustadz Dr. Adian Husaini menilai PPTQ Ibnu Abbas Klaten yang dipimpin oleh beliau sebagai pondok pesantren yang sangat cepat perkembangannya. Jarak pendirian antara satu unit pendidikan dengan unit lainnya berdekatan. Mungkin ada yang menilai beliau tergesa-gesa, tidak. Beberapa kali kami mengedit tulisan-tulisan beliau yang hendak dimasukkan ke majalah Nidaul Qur’an, dari tulisan-tulisan tersebut kami memahami bahwa beliau mengajak kami semua untuk ber-fastabiqul khairat. Bersegera! Bukan tergesa-gesa. Di antara hasilnya, tak lama PPTQ Ibnu Abbas sudah bercabang menjadi Ibbaska 1 Belangwetan dan Ibbaska 2 Troso.
Bahkan, untuk keperluan fastabiqul khairat tersebut Syeikh Mu’in sering menunaikan ibadah haji dan umrah. Di antara tujuannya adalah mencari dana untuk PPTQ Ibnu Abbas yang beliau gawangi. Beliau sampai pada perkataan “rela mengemis demi pondok.” Walau ada yang menimpali untuk tidak berkata “mengemis,” beliau tetap berkata “rela mengemis demi pondok.”
Implementasi etos kerja lainnya, beliau jarang menolak kalau dimintai tolong. Pernah dari Solo ke UGM Jogjakarta hanya untuk mengajar beberapa orang mahasiswa. Di dalam forum rapat, sering kami menyaksikan beliau menulis hal-hal yang dibahas dalam rapat dengan serius.
Selain etos kerja, mandiri menjadi hal yang tidak terpisah dari kepribadian beliau. Beberapa kali kami bertamu ke rumah beliau, beliau sendiri yang menyiapkan air minum tamu. Selain itu, beliau selalu dan senantiasa menyetir mobil sendirian. Kecuali jarang sekali disopiri, seperti ketika beliau dalam keadaan sakit.
Hal lain terkait kepribadian, beliau sangat pemaaf. Suatu ketika kami menyaksikan dan terlibat di dalamnya; beliau didebat oleh mahasiswa beliau sendiri terkait syar’iyah Parade Tauhid di Solo beberapa waktu lalu yang beliau gawangi. Sebuah parade yang mengilhami berbagai Parade Tauhid di beberapa daerah di Indonesia. Terkait perbedaan dengan mahasiswanya, beliau mengutip perkataan Imam Asy-Syafi’i yang beliau tujukan kepada muridnya, “Kita berbeda dalam masalah yang sedikit, namun memiliki banyak titik temu dalam masalah yang begitu banyak.” Sikap mengedepankan titik temu daripada mengedepankan titik beda itulah yang selalu kami lakukan. Selebihnya, jika beliau berbeda pendapat dimana para ulama juga berbeda; beliau tidak suka memaksakan pendapat beliau kepada orang lain.
Kalau ada mahasiswa yang tidak membawa tugas, beliau tidak terlalu mempermasalahkan. Biasanya beliau langsung melanjutkan pelajaran. Termasuk ketika ada guru atau seorang ustadz yang pindah mengajar dari pondok beliau, beliau selalu memastikan; jangan sampai guru tersebut tidak suka kepada beliau. Karena bermusuhan sesama Muslim tidak ada nilai positifnya. Yang ada adalah, jumlah Muslim yang menshalatkan, mendo’akan, dan mengiring janazah kita berkurang jumlahnya.
Kepribadian beliau yang lain adalah, jika marah beliau mengajak untuk dikembalikan kepada syari’atnya. Kalau marah harus diimplementasikan, beliau cukup diam atau kalau beliau mengatakan, “lucu.” Itu saja bentuk marah beliau yang kami ketahui.
Titik Temu 54
Beberapa tahun yang lalu Syeikh Mu’in pernah bercerita tentang ayahanda beliau wafat pada usia 54 tahun. Menurut beliau, jika beliau juga diwafatkan dalam usia yang sama; beliau harus menyiapkan kader pelanjut. Qodarullah, beliau juga diwafatkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala pada usia 54 tahun. Beliau lahir di Surakarta pada tanggal 15 Juni 1966, dan beliau wafat pada tanggal 8 Desember 2020 (54 tahun).
Selain di PPTQ Ibnu Abbas Klaten, tentang kader pelanjut itupun kembali beliau utarakan di lantai 4 gedung pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tepatnya, ketika kami berdua dengan beliau di dalam ruang kelas sambil menanti penguji lain datang untuk keperluan ujian tesis kami.
Alhamdulillah, pada hari Rabu, 18 Desember 2019 menantu Syeikh Mu’in yaitu Ustadz Dr. Hakimuddin Salim MA berhasil meraih gelar doktor Tarbiyah Islamiyah pertama dari Asia Tenggara di Universitas Islam Madinah dengan predikat Mumtaz Ma’a Martabat Asy-Syaraf Al-Ula (Summa Cumlaude). Selamat dan sukses Al-Akh Al-Ustadz Hakim! Teriring doa dan harapan; Semoga ilmu yang diraih selama 12 tahun menimba ilmu di Madinah mendapat barakah dari Allah Ta’ala dan bermanfaat untuk dunia dan akhirat. Semoga!
Innaa bifiroqika ya syaikhona lamahzunuun
Sejauh yang kami ketahui selama hampir 15 tahun berada di Solo Raya, KH. Wahyuddin rahimahullah menegaskan tentang Syeikh Mu’in ketika ditanya oleh wartawan Suara Hidayatullah, “Beliau memiliki ilmu yang mumpuni.” Ustadz Farid Ahmad Okbah MA (salah satu murid ulama senior Arab Saudi, Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah) menyebut Syeikh Mu’in sebagai Fuqaha (ahli Fiqih) Solo. Sepengetahuan kami, orang yang memiliki kedalaman ilmu seperti beliau tidak banyak di Solo Raya.
Karenanya, kepada keluarga yang ditinggalkan kami berdoa dan berharap; semoga pengorbanan semuanya selama menemani Syeikh Mu’in dicatat sebagai amal ibadah di sisi Allah Subhanahu Wata’ala. Semoga Allah Ta’ala melimpahkan kesabaran kepada seluruh keluarga yang ditinggal. In sya Allah, Syeikh Mu’in tidak hanya menjadi milik keluarga yang ditinggalkan. Tetapi juga milik umat Islam di Solo Raya dan Indonesia secara umum. Bahkan juga menjadi milik rakyat Palestina dimana beliau telah mengabdikan diri beliau untuk persoalan Palestina.
Akhirnya, kami juga menegaskan, “Inna bifiroqika ya syaikhona lamahzunuun!” “Sesungguhnya berpisah denganmu wahai guru kami amat menyedihkan!” Teriring doa; Semoga beliau mendapat tempat istimewa di sisi Allah. Bisa bertemu dengan-Nya, Rasul-Nya dan para Sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Wallahu ta’ala a’lam bisshawab!*
Al-Faqiir Mudzakkir Khalil (Anggota Dewan Murobbi Hidayatullah Wilayah NTB Periode 2020-2025)
Mataram NTB, Rabu 9 Desember 2020