Hidayatullah.comHidayatullah.comHidayatullah.com
Pemberitahuan Lebih Banyak
Font ResizerAa
  • Beranda
  • Berita
  • Kajian
  • Artikel
  • Kolom
  • Feature
  • Ragam
  • Hidcompedia
  • Fiqih
  • Sejarah
  • Palestina
  • Khutbah Jumat
Font ResizerAa
Hidayatullah.comHidayatullah.com
  • Beranda
  • Berita
  • Kajian
  • Artikel
  • Kolom
  • Feature
  • Ragam
  • Hidcompedia
  • Fiqih
  • Sejarah
  • Palestina
  • Khutbah Jumat
Pencarian
  • Beranda
  • Berita
  • Kajian
  • Artikel
  • Kolom
  • Feature
  • Ragam
  • Hidcompedia
  • Fiqih
  • Sejarah
  • Palestina
  • Khutbah Jumat
Saintek

Minuman Manis Bikin Anda “Jinak”

Admin Hidcom
Terakhir diupdate:
Admin Hidcom
Dipublikasikan 9 Juli 2010 12:17
Bagikan
Bagikan

Hidayatullah.com–Minuman manis seperti secangkir teh manis bisa mengurangi stres di tempat kerja, dan membuat orang tidak terlalu agresif atau argumentatif, begitu kata para psikolog.

Menurut sebuah studi yang dimuat Journal of Experimental Social Psychology dan dikutip oleh Telegraph (7/7), energi yang diberikan oleh gula membuat otak bisa mengontrol syaraf-syarafnya. Hal ini berarti orang bisa mencegah dirinya bereaksi spontan ketika berada dalam tekanan.

Dalam tes yang dilakukan, sebagian relawan diberi minuman lemon dengan pemanis gula dan sebagian lainnya diberi pemanis buatan. Mereka yang diberi minuman dengan pemanis gula, menunjukkan performa yang lebih baik ketika berada dalam kondisi tertekan.

Setiap orang diminta melakukan beberapa tugas yang membuat stres sebelum menyampaikan sebuah presentasi. Para peneliti memberikan kritik untuk memprovokasi mereka. Hasilnya, relawan yang diberi gula cenderung tidak terpengaruh dengan provokasi itu dibanding mereka yang diberi pemanis buatan.

Para psikolog Australia yang melakukan penelitian tersebut mengatakan, minum-minuman manis bisa meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengatasi dorongan agresif ketika berhadapan dengan supervisor yang sulit dalam sebuah pertemuan di tempat kerja.

Baca Juga

Lithium Air Laut
China Temukan Cara Baru Menambang Lithium Air Laut
7 dari 10 Warga Malaysia Ingin Medsos Dilarang untuk Anak di Bawah 14 Tahun
Warisi Generasi Old, Milenial Akan jadi ‘Generasi Terkaya dalam Sejarah’
Minum Air Zamzam Sembuhkan Sakit dan Kuatkan Hafalan
Ilmuwan Menemukan Koridor Tersembunyi di Piramida Agung Giza Mesir

“Mengkonsumsi minuman manis ketika pulang ke rumah setelah melewati hari yang melelahkan bisa mengurangi sikap agresif terhadap anggota keluarga atau sesama pengemudi,” kata para peneliti dari Universitas New South Wales dan Queensland itu.

Glukosa dibutuhkan otak untuk bisa melakukan “fungsi eksekutif”, yang antara lain kemampuan untuk menahan dorongan-dorongan dalam diri seseorang.

Meskipun dugaan yang beredar luas selama ini mengatakan konsumsi glukosa bisa memicu kadar gula tinggi sehingga menimbulkan perilaku impulsif, tapi kata para peneliti itu, data mereka menunjukkan glukosa bisa meningkatkan kontrol atas fungsi eksekutif otak ketika seseorang diprovokasi.

Mungkin untuk memastikan keamanannya kita bisa mengambil jalan tengah, yaitu dengan mengkonsumsi glukosa dari pemanis yang aman seperti madu. [di/tlg/hidayatullah.com]

Redaktur: Admin Hidcom
Bantu kami terus menyuarakan kebenaran!

Scan QRIS dan dukung #Journalism4Ummah

donasi online
TAG:old migrate
Bagikan tulisan ini
Facebook Whatsapp Whatsapp Telegram Email Salin tautan Print
Tulisan sebelumnya Masjid Baru Berdiri di Fontana, Amerika
Tulisan selanjutnya Redaktur CNN Dipecat Setelah Memuji Tokoh Hizbullah

Ikuti Kami

1.2KLike
89KFollow
27.8KFollow
222KSubscribe
Ad image
Ad image

Terpopuler

Berita

Usai Serangan Drone Terminal Pelabuhan Mina al-Fahl Oman Beroperasi Kembali

Berita
5 Juni 2026 14:35
Malaysia Resmi Batasi Media Sosial Anak, Siapkan Denda Rp45 Miliar bagi Pelanggar
Harga Obat Terancam Naik, DPR Minta Perlindungan untuk Pasien Penyakit Kronis
‘Israel’ Tunjuk Roman Gofman Jadi Kepala Mossad, Loyalis Netanyahu yang Dukung Pendudukan Gaza
Bantah Menolak Lepas Kendali Gaza, Hamas: Kebohongan ‘Israel’

Terbaru

  • Laporan: Eurovision Kehilangan 35 Juta Penonton Setelah Israel Tetap Diizinkan Tampil
  • 123 Santri Ar-Rohmah Putri Diterima PTN Jalur SNBP dan SNBT, Terbanyak di Malang
  • Amerika Jatuhkan Sanksi Atas Presiden Kuba, Anggota Keluarga Castro
  • Usai Serangan Drone Terminal Pelabuhan Mina al-Fahl Oman Beroperasi Kembali
  • Survei Terbaru Ungkap Mayoritas Masyarakat Dunia Tak Menyukai Israel
  • Polisi ‘Israel’ Rekrut Aktivis Zionis untuk Perkuat Kehadiran Yahudi Masjidil Aqsha
  • ‘Israel’ Beri Keringanan Pajak bagi Permukiman Ilegal Yahudi di Tepi Barat
  • Genosida ‘Israel’ di Gaza: Jumlah Warga Palestina Hilang Tembus 9.500 Orang
  • Turki Tegaskan Komitmennya untuk Perkuat Keuangan Syariah
  • Fatah Tunjuk Hussein al-Sheikh Jadi Wakil Mahmoud Abbas

Mungkin Anda Juga Suka

Saintek

Para Ilmuwan Lakukan Deteksi Autisme pada Rambut

9 Januari 2023 20:30
Saintek

Tantangan Teknologi, Banyak Orang Oversharing dan Umbar Aib di Media Sosial

26 Desember 2022 14:00
Saintek

(Video) Kuasa Allah, Ilmuwan Berhasil Merekam Tumbuhan yang Bernapas

23 Desember 2022 15:10
Saintek

Selandia Baru akan Siapkan Undang-undang agar Facebook dan Google Membayar Berita

5 Desember 2022 11:21
Hidayatullah.comHidayatullah.com
Follow US
Copyright 2023 © Hidayatullah.COM
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Informasi Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Indeks
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lupa password?