Hidayatullah.comHidayatullah.comHidayatullah.com
Pemberitahuan Lebih Banyak
Font ResizerAa
  • Beranda
  • Berita
  • Kajian
  • Artikel
  • Kolom
  • Feature
  • Ragam
  • Hidcompedia
  • Fiqih
  • Sejarah
  • Palestina
  • Khutbah Jumat
Font ResizerAa
Hidayatullah.comHidayatullah.com
  • Beranda
  • Berita
  • Kajian
  • Artikel
  • Kolom
  • Feature
  • Ragam
  • Hidcompedia
  • Fiqih
  • Sejarah
  • Palestina
  • Khutbah Jumat
Pencarian
  • Beranda
  • Berita
  • Kajian
  • Artikel
  • Kolom
  • Feature
  • Ragam
  • Hidcompedia
  • Fiqih
  • Sejarah
  • Palestina
  • Khutbah Jumat
Kesehatan

Banyak Konsumsi Ikan Baik untuk Penderita Migrain?

Admin Hidcom
Terakhir diupdate: 11 Agustus 2021 16:31 4:31 pm
Admin Hidcom
Dipublikasikan 11 Agustus 2021 16:31
Bagikan
Ikan tilapia.
Bagikan

Hidayatullah.com–Sepanjang hidupnya, Tanya Kamka menderita sakit kepala migrain setiap minggu.  Rasa sakitnya begitu parah sehingga dia muntah dan kadang-kadang dilarikan ke ruang gawat darurat, membuatnya merasa lemah selama beberapa hari.

Tetapi beberapa tahun yang lalu Kamka dan 181 orang lain yang sering mengalami migrain berpartisipasi dalam uji klinis yang didanai oleh National Institutes of Health yang dirancang untuk menguji apakah diet khusus dapat meredakan sakit kepala yang sering terjadi.  Bagi Ibu Kamka, dietnya melibatkan makanan yang banyak mengandung asam lemak omega, yaitu minyak yang ditemukan pada beberapa jenis ikan.

Pada saat yang sama, ia harus membatasi makanan yang kaya akan sumber asam lemak omega-6, seperti banyak minyak nabati.

Baik Omega-3 dan omega-6 dianggap asam lemak esensial-penting untuk kesehatan, dan karena tubuh kita tidak dapat memproduksinya, mereka harus diperoleh dari makanan. Biasanya, manusia mengkonsumsi dua asam lemak dalam jumlah yang hampir sama.

Tapi diet umum seperti di Amerika Serikat (AS) misalnya cenderung mengandung lebih banyak lemak omega-6 daripada omega-3. Beberapa otoritas kesehatan menganggap ini sebagai manfaat: Minyak nabati dan sumber lain yang kaya akan lemak omega-6 telah ditemukan dalam banyak penelitian bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular (jantung).

Baca Juga

Jangan Anggap Sepele Hernia
Riset: Remaja Pengguna Vape Lebih Berisiko Jadi Perokok
Vape Ancaman Baru Remaja, Perlu Ada UU yang Tegas
Makanan Cepat Saji Tingkatkan Risiko Kanker Paru-Paru
Tekanan Akademis dan Dampaknya terhadap Kesehatan Mental

Namun sejumlah orang lain berpendapat itu mungkin bermasalah karena lemak omega-6 telah terbukti menyebabkan rasa sakit dan peradangan, sementara lemak omega-3 cenderung memiliki efek sebaliknya dalam penelitian, membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.  Penulis studi baru ingin tahu: Bisakah diet yang menambahkan lemak omega-3 sekaligus mengurangi lemak omega-6 mengurangi rasa sakit bagi mereka yang sering mengalami migrain?

Bagi Kamka, manfaat dari perubahan pola makannya sangat signifikan: Setelah beberapa bulan meningkatkan asupan ikan dan menghindari banyak minyak nabati biasa, ia menemukan bahwa sakit kepala rata-ratanya telah hilang. Peserta lain dalam penelitian yang mengadopsi diet baru ini juga melaporkan lebih sedikit sakit kepala.

Meskipun uji coba berakhir setelah 16 minggu, Kamka tetap menjalani diet. Dia sekarang tidak lagi makan makanan yang dimasak dengan minyak nabati yang kaya akan lemak omega-6 seperti ayam goreng, kentang goreng, dan keripik kentang.

Dia sekarang memastikan makanan seperti cod, tuna, sarden, salad bayam, hummus dan alpukat. Bahkan, ia memasak menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak jagung, kedelai, dan kanola.

“Saya tidak pernah mengalami migrain, bahkan migrain ringan, selama lebih dari dua tahun,” katanya. “Dulu saya mengalaminya seminggu sekali sekarang tidak ada sama sekali, itu luar biasa bagi saya.”

Serangan Migrain

Studi baru ini membuktikan bahwa diet yang tepat dapat memberikan bantuan kepada mereka yang sering mengalami serangan migrain, membantu mereka mengurangi frekuensi dan tingkat sakit kepala mereka. Studi serupa sedang dilakukan untuk mengevaluasi apakah perubahan pola makan dapat membantu meringankan penyakit kronis lainnya, seperti sakit punggung.

Dr Christopher E. Ramsden, penulis utama studi tersebut, mengatakan temuan menunjukkan bahwa perubahan pola makan bisa menjadi pelengkap yang berguna untuk perawatan yang ada untuk nyeri kronis. “Banyak orang dengan nyeri kronis terus menderita bahkan setelah minum obat,” kata Dr. Ramsden, peneliti klinis di National Institute for Intramural Aging Research Program. “Saya pikir ini adalah sesuatu yang dapat dipasangkan dengan perawatan lain untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan mengurangi rasa sakit mereka.”

Bagaimana Mengubah Diet?

Bagi mereka yang ingin mencoba mengubah pola makan mereka sendiri, para peneliti mengatakan cara termudah untuk meningkatkan asupan omega-3 adalah dengan makan lebih banyak ikan berlemak, seperti sarden, teri, mackerel, salmon, tuna albacore, dan trout (jenis-jenis ikan tawar seperti salmon). Beberapa pilihan terbaik dan paling terjangkau adalah ikan kalengan dan kemasan.

Bagi mereka yang tidak makan daging, sumber lemak omega-3 yang baik adalah biji rami, biji chia dan kenari. Komponen penting lainnya dari diet adalah menghindari makanan yang digoreng, makanan olahan dan makanan cepat saji, yang biasanya dibuat dengan minyak omega-3 rendah dan omega-6 tinggi.

Beth BethInIntosh, salah satu penulis studi baru tersebut, mengatakan bahwa minyak zaitun, minyak alpukat, minyak macadamia, minyak kelapa, dan mentega cenderung mengandung lemak omega-6 dalam jumlah rendah. Anda dapat menggunakan minyak ini untuk memasak makanan atau membuat makanan ringan sendiri, seperti tepung maizena, hummus, dan granola.

Para peneliti juga merekomendasikan orang-orang yang terlibat dalam penelitian untuk makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. “Buah-buahan dan sayuran secara alami rendah asam lemak omega-6 – dan pada dasarnya sehat,” kata MacIntosh, manajer nutrisi klinis Metabolic & Nutrition Research Core di UNC Health di Chapel Hill.*

Redaktur: Admin Hidcom
Bantu kami terus menyuarakan kebenaran!

Scan QRIS dan dukung #Journalism4Ummah

donasi online
TAG:ikanKesehatanMigrain
Bagikan tulisan ini
Facebook Whatsapp Whatsapp Telegram Email Salin tautan Print
Tulisan sebelumnya Presiden Afsel Ramaphosa Dimintai Keterangan Terkait Korupsi Pendahulunya Jacob Zuma
Tulisan selanjutnya Seratusan Karhutla Berkobar di Aljazair, Puluhan Orang Tewas

Ikuti Kami

1.2KLike
89KFollow
27.8KFollow
222KSubscribe
Ad image
Ad image

Terpopuler

Berita

Haflah Parade Tasmi’ Al-Qur’an, Momentum Mencetak Generasi Penghafal Al-Qur’an

Berita
12 Juni 2026 21:40
China Tangkap Akademisi WN Amerika dengan Tuduhan Spionase
PHK Tembus 23 Ribu Pekerja, DPR Desak Penguatan Perlindungan dan Percepatan Penyerapan Tenaga Kerja
Bersama DPR-DPD RI, MUI Gelar Hari Dialog Antar Peradaban Internasional, Dorong Perdamaian Global dari Indonesia
Suriah Buru Pelaku Kejahatan Perang, Eks Komandan Assad Ditangkap

Terbaru

  • Kapalnya Ditembak Dekat Oman India Panggil Diplomat Amerika Serikat
  • Seorang Ibu Gugat OpenAI Terkait Kematian Putrinya Usai Curhat ke ChatGPT
  • Kelompok Hacker Terkait Iran Klaim Retas Drone FBI
  • Jelang Musim Panas UEA Sediakan 12 Ribu Tempat Istirahat Ber-AC untuk Pekerja Luar Ruangan
  • Sikap Prof. H. M. Rasjidi terhadap Jabatan
  • Mengukir Senyum, Merajut Persaudaraan: Hangatnya Kebersamaan Qurban di Dukuh Kwarasan
  • Haflah Parade Tasmi’ Al-Qur’an, Momentum Mencetak Generasi Penghafal Al-Qur’an
  • China Tangkap Akademisi WN Amerika dengan Tuduhan Spionase
  • Pasokan Avtur Saudi ke Eropa Melebihi Sebelum Penutupan Selat Hormuz
  • Vape Piu Piu Bikin Pengguna Seperti Zombie, Kata Kepolisian Malaysia

Mungkin Anda Juga Suka

Kesehatan

Studi: Manfaat Utama Kopi Bagi Kesehatan Tergantung Waktu Meminumnya

15 Januari 2025 07:30
Kesehatan

Hindari Tertular HMPV, Pakar UGM Anjurkan Masyarakat Ikuti Pola Hidup Sehat

10 Januari 2025 13:20
Kesehatan

Terbukti, Konsumsi Alkohol Penyebab hampir 1 Juta Kasus Kanker di Amerika Serikat

7 Januari 2025 11:10
Kesehatan

Studi: Setiap Batang Rokok Merampas 20 Menit Kehidupan Perokok

5 Januari 2025 14:10
Hidayatullah.comHidayatullah.com
Follow US
Copyright 2023 © Hidayatullah.COM
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Informasi Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Indeks
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lupa password?