Dengan adanya kemudahan dalam syariat, Allah SwT menginginkan agar kaum muslimin tidak meninggalkan satu perintah atau melanggar satu larangan pun
Hidayatullah.com | ISLAM merupakan agama samawi terakhir yang Allah turunkan ke muka bumi. Nabi Muhammad ﷺ sebagai rasul yang membawanya pun adalah rasul terakhir yang Allah utus bagi segenap umat manusia.
Sebelum di turunkannya Islam dan diutusnya Nabi Muhammad ﷺ telah ada dua agama samawi yang mendahuluinya. Pertama adalah agama yang dibawa oleh Nabi Musa AS, dan yang kedua adalah agama yang dibawa oleh Nabi Isa AS.
وَيُعَلِّمُهُ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْحِكْمَةَ وَٱلتَّوْرَىٰةَ وَٱلْإِنجِيلَ
وَرَسُولًا إِلَىٰ بَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ أَنِّى قَدْ جِئْتُكُم بِـَٔايَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ ۖ أَنِّىٓ أَخْلُقُ لَكُم مِّنَ ٱلطِّينِ كَهَيْـَٔةِ ٱلطَّيْرِ فَأَنفُخُ فِيهِ فَيَكُونُ طَيْرًۢا بِإِذْنِ ٱللَّهِ ۖ وَأُبْرِئُ ٱلْأَكْمَهَ وَٱلْأَبْرَصَ وَأُحْىِ ٱلْمَوْتَىٰ بِإِذْنِ ٱللَّهِ ۖ وَأُنَبِّئُكُم بِمَا تَأْكُلُونَ وَمَا تَدَّخِرُونَ فِى بُيُوتِكُمْ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لَّكُمْ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ
“Dan Dia (Allah) megajarkan kepadanya (Isa) Kitab, Hikmah, Taurat, dan Injil. Dan sebagai Rasul kepada Bani Israil (dia berkata), “Aku telah datang kepada kamu dengan sebuah tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuatkan bagimu (sesuatu) dari tanah berbentuk seperti burung, lalu aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan izin Allah. Dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak sejak dari lahir dan orang yang berpenyakit kusta. Dan aku menghidupkan orang mati dengan izin Allah, dan aku beritahukan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu orang beriman.” (QS: Ali-Imran [3]: 48-49)
Selain menurunkan dua agama samawi melalui utusa-Nya Musa dan Isa, Allah SwT juga mengutus rasul-rasul-Nya secara silih berganti sepanjang sejarah dengan membawa ajaran tauhid untuk disampaikan kepada umatnya masing-masing.
وَلِكُلِّ أُمَّةٍ رَّسُولٌ ۖ فَإِذَا جَآءَ رَسُولُهُمْ قُضِىَ بَيْنَهُم بِٱلْقِسْطِ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ
“Dan setiap umat (mempunyai) rasul. Maka apabila rasul mereka telah datang, diberlakukanlah hukum bagi mereka dengan adil dan (sedikit pun) tidak dizalimi.” (QS:Yunus [10]: 47).
Al-Qur’an mengisahkan dua puluh lima nabi dan rasul. Masing-masing dari mereka diutus kepada umatnya: Nabi Nuh diutus kepada Bani Rasib (Al-A’raf [7]: 59).
Nabi Hud dan Shalih diutus kepada kaum Tsamud (Al-A’raf [7]: 73), Nabi Syuaib diutus kepada kaum Madyan (Al-A’raf [7]: 85), dan seterusnya sampai kepada Nabi Muhammad ﷺ diutus untuk seluruh umat manusia hingga akhir zaman.
وَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ إِلَّا كَآفَّةً لِّلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ
“Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad), melainkan kepada semua umat manusia sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS: Saba’ [34]: 28).
Islam adalah agama termuda diantara agama-agama samawi sebelumnya. Sebagai agama samawi terakhir kedatangannya membawa konsekwensi berupa kesempurnaan dan kelengkapan ajarannya bila dibandingkan dengan dua agama pendahulunya.
اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ
“Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu.” (QS: Al-Maidah [5]: 3)
Kenikmatan terbesar yang Allah SwT anugerahkan kepada umat ini adalah disempurnakannya agama Islam. Allah SwT telah menyempurnakan agama kaum muslimin sehingga mereka tidak membutuhkan agama dan nabi yang lain.
Oleh karena itu, Allah SwT menjadikan Nabi Muhammad ﷺ sebagai penutup para nabi dan rasul yang diutus kepada seluruh umat manusia dan jin. Maka, tidaklah ada sesuatu yang halal kecuali yang Allah halalkan melalui lisannya, tidaklah ada sesuatu yang haram kecuali yang telah Allah haramkan melaui lisannya.
Sebagai agama yang sempurna dan paripurna sudah menjadi ketentuan Ilahiah jika seluruh rangkaian syariat dan ajaran Islam sejalan dengan fithrah penciptaan manusia. Allah SwT telah menjamin hal ini dalam Firman-Nya,
فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا ۚ فِطْرَتَ ٱللَّهِ ٱلَّتِى فَطَرَ ٱلنَّاسَ عَلَيْهَا ۚ لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ ٱللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ
“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fithrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fithrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS: Ar-Rum [30]: 30)
Fithrah adalah nurani manusia. Fithrah telah ada jauh sebelum manusia dilahirkan ke dunia. Ketika semua janin ditiupkan roh kepadanya ditanya oleh Allah SwT, sebagaimana terekam dalam Firman-Nya,
وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنۢ بَنِىٓ ءَادَمَ مِن ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا۟ بَلَىٰ ۛ شَهِدْنَآ ۛ أَن تَقُولُوا۟ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَٰذَا غَٰفِلِينَ
“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya berfirman), “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab, “Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi.” (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari Kiamat kamu tidak mengatakan, “Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini.” (QS: Al-A’raf [7]: 172)
Allah SwT menciptakan manusia dengan fithrah bertuhan, maka hati manusia akan merasa nyaman jika kepadanya disematkan predikat “hamba Allah”. Sebaliknya, ia akan merasa resah, gelisah, bahkan marah jika dikatakan sebagai “hamba dunia”.
Ini semua merupakan bukti bahwa pada dasarnya manusia memiliki fithrah bertuhan. Dalam hal ini Islam adalah satu-satunya agama yang senantiasa selaras dengan fithrah manusia.
Hal ini sebagaimana dituturkan Al-Qur’an, bahwa esensi penciptaan jin dan manusia adalah untuk menghamba kepada Allah SwT.
وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
“Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS: Adz-Dzariyat [51]: 56)
Namun fithrah bertuhan yang ada pada diri manusia tersebut barulah merupakan potensi dasar yang harus terus menerus dipelihara dan dikembangkan.
Apabila fithrah tersebut tertutupi oleh faktor-faktor dari luar nuraninya, manusia akan berlari dan menentang fithrahnya sendiri. Tetapi bila dihadapkan pada persoalan-persoalan kehidupan yang rumit dan dia sudah kehilangan daya untuk menghadapinya, barulah secara sepontan fithrah tersebut kembali muncul.
وَإِذَا مَسَّ ٱلْإِنسَٰنَ ٱلضُّرُّ دَعَانَا لِجَنۢبِهِۦٓ أَوْ قَاعِدًا أَوْ قَآئِمًا فَلَمَّا كَشَفْنَا عَنْهُ ضُرَّهُۥ مَرَّ كَأَن لَّمْ يَدْعُنَآ إِلَىٰ ضُرٍّ مَّسَّهُۥ ۚ كَذَٰلِكَ زُيِّنَ لِلْمُسْرِفِينَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ
“Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu darinya, dia kembali (ke jalan yang sesat), seolah-olah tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya. Demikianlah dijadikan terasa indah bagi orang-orang yang melampaui batas apa yang mereka kerjakan.” (QS: Yunus [10]: 12)
Selain berhubungan dengan keimanan, fithrah manusia juga berkolerasi dengan segala sesuatu yang menyangkut cara manusia menjalani kehidupannya dengan berpatokan pada pedoman hidup yang telah ditetapkan Allah SwT.
Apa yang menurut fithrah manusia itu baik Allah pasti memerintahkannya. Sebaliknya apa yang menurut fithrah manusia itu buruk maka Allah dengan tegas pasti melarangnya.
Manusia memiliki fithrah menyukai keindahan. Islam pun mengajarkan kepada pemeluknya untuk senantiasa keindahan, kebersihan dan kerapian.
إن الله طيب يحب الطيب نظيف يحب النظافة
“Sesungguhnya Allah itu baik, mencintai kebaikan. Bersih mencintai kebersihan.” (dikeluarkan oleh Tirmizi dalam Sunannya, 2799. Abu Ya’la dalam Musnadnya, 791. Bazzar dalam Musnadnya, 1114 dari jalan Abu ‘Amir Al-Aqdi)
Kemudahan Berislam
Sebagai agama yang selaras dengan fithrah, Islam sangat memahami kemampuan manusia dalam menunaikan ajaran-ajaran agama. Allah SwT telah menjamin bahwa Dia tidak akan membebani manusia di luar kemampuannya. Karena itu secara kodrati, pada dasarnya manusia mampu menjalankan syariat Islam dengan bekal yang dianugerahkan Allah SwT.
لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ
“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari kebajikan yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya..”.(QS: Al-Baqarah [2]: 286)
Salah satu dari kelemah lembutan dan kasih sayang Allah SwT kepada manusia adalah tidak membebani seorang pun melainkan sebatas kemampuannya.
Ketika seorang hamba tidak sanggup menunaikan suatu tanggung jawab yang dibebankan oleh Allah melalui syariat-Nya, hamba tersebut dapat mencari jalan keluar dengan menilik kemudahan yang Allah SwT sediakan dibalik syariat tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan.
Islam telah mewajibkan shalat lima waktu dalam sehari semalam. Penetapan lima waktu ini sudah diukur dengan kemampuan manusia untuk melaksanakannya.
Adapun dalam kondisi dimana seseorang tidak mampu menunaikan shalat dengan berdiri karena sakit Allah SwT telah memaklumkan melaksanakannya dengan cara yang lain yang sudah ditentukan.
Demikian juga dalam kondisi sakit yang menghalangi seseorang dari prnggunaan air sehingga ia tidak dapat berwudhu, maka dipersilahkan bersuci dengan cara lain yang sudah diatur di dalam syariat.
Allah SwT menghendaki kemudahan bagi hamba-hamba-Nya dalam melaksanakan ibadah dan menjalani kehidupannya. Allah SwT tidak menginginkan hambanya mengalami kesulitan ketika menjalankan syariat-Nya, karena syariat bukanlah untuk mempersulit manusia melainkan untuk mempermudah manusia.
يُرِيدُ ٱللَّهُ أَن يُخَفِّفَ عَنكُمْ ۚ وَخُلِقَ ٱلْإِنسَٰنُ ضَعِيفًا
“Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, karena manusia diciptakan (bersifat) lemah.” (QS: An-Nisa [4]: 28)
Dengan adanya kemudahan dalam syariat, agama yang telah Allah SwT sempurnakan ini menginginkan agar kaum muslimin tidak meninggalkan satu perintah pun atau melanggar satu larangan pun sebab segalanya telah Allah SwT mudahkan.
Dengan adanya kemudahan ini pula, Islam ingin menegaskan kepada seluruh umat manusia tentang sifat dasarnya sebagai ajaran yang luwes dan mudah diterapkan oleh manusia, sebab Islam sangat menghargai fithrah manusia dan jauh dari kekakuan serta kesulitan. Wallahu A’lam.*/ Suko Wahyudi