NABI Muhammad Shalallaahu ‘Alaihi Wasallam dalam hal hadiah, beliau menerimanya bersama-sama dengan para shahabat, dan menyenangkan hati orang-orang miskin di antara mereka dengan turut makan hadiah tersebut bersama-sama mereka.
Adapun berkenaan dengan sedekah, Nabi Shalallaahu ‘Alaihi Wasallam tidak mau menerimanya karena tidak diperbolehkan bagi beliau untuk menerimanya, sebagaimana hal itu pun tidak diperbolehkan atas Bani Hasyim dan Bani Al-Muthallib.
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dia berkata, “Apabila Rasulullah diberi makanan, maka beliau bertanya, ‘Apakah ini hadiah atau sedekah?’ Jika dikatakan sedekah, maka beliau berkata kepada para sahabatnya, ‘Makanlah oleh kalian.’ Sedangkan beliau tidak makan. Dan jika dikatakan itu adalah hadiah, maka beliau mengambil dengan tangan beliau lalu beliau makan bersama mereka.” (Muttafaqun Alaih).
Hal ini disebabkan karena sedekah itu untuk membersihkan kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa manusia, sedangkan Allah Ta’ala telah mengampuni bagi Rasul-Nya dosa-dosa yang telah lalu maupun yang akan datang. Oleh karena itu, diharamkan sedekah atas beliau dan diperbolehkan bagi beliau menerima hadiah sebagai bagian dari akhlak yang baik dan untuk menyatukan hati-hati manusia.
Sedangkan menerima hadiah bagi Nabi Shalallaahu ‘Alaihi Wasallam dan memakannya adalah termasuk tanda-tanda kenabian dan syiar bagi beliau, sehingga kitab-kitab terdahulu pun menyebutkan bahwa beliau mau memakan hadiah dan tidak mau makan sedekah.
Berkata Al-Khaththabi, “Penerimaan Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallam akan hadiah termasuk salah satu karamah, bentuk akhlak baik serta untuk menyatukan hati (umat manusia). Mau memakan hadiah menjadi syiar bagi beliau dan salah satu tanda di antara tanda-tanda beliau yang telah disifatkan dalam kitab-kitab suci, bahwa beliau memakan hadiah dan tidak memakan sedekah, karena sedekah untuk manusia yang paling rendah.
Yuk bantu dakwah media BCA 1280720000 a.n. Yayasan Baitul Maal Hidayatullah (BMH). Kunjungi https://dakwah.media/
Dan apabila beliau menerima hadiah, maka beliau membalasnya agar tidak ada seorang pun yang berkuasa atas beliau. Beliau tidak memerlukan karunia atau anugerah dari seorang pun, maka sedekah itu tidak layak untuk kedudukan seorang nabi, dan tidak pula untuk ahlul bait Nabi. Dan Nabi Shalallaahu ‘Alaihi Wasallam mau menerima hadiah termasuk tanda-tanda kenabian.”*/Syaikh Ahmad bin Ahmad Muhammad Abdullah Ath-Thawil, dalam bukunya Benang Tipis Antara Hadiah & Suap.